System informasi pemasaran
Pendahuluan
- Pemasaran merupakan area pertama yang menunjukkan minat pada sisitem informasi menejemen, dan setelah konsep system informs manajemen muncul para pemasar menyesuaikan ke area aplikasi mereka dan meyebutnya system informasi pemasaran
(marketing information system) - Model dasar yang di gunakan oleh system informasi pemasaran adalah subsistem input yang mengumpulkan data informasi dan subsistem poutput yang mengubah data menjadi informasi.
Struktur organisasi fungsional
- Semua jenis organisasi, terutama organisa bisnis mmiliki fungis pemasaran, funsi keuangan, fungsi sumber daya manusia,fungsi jasa dan informasi walau pun tidak selalu Nampak dalam bagan organisasi.
- Perusahaan yang memiliki fungsi manafaktur adalah perusahaan yang memproduksi dan menjualnya.
- Pengaruh organisasi fungsional sangant luas sehingga system organsasi juga dapat secara fungsional
- System konsepsual merupakan pencerminan system fisik yang diwakilinya
- Untuk lebih jelasnya lihat gmbar berikut.
System informasi fungsional mencerminkan system fisik fungsional
Bauran pemasaran
- Manajemen pemasaran memiliki beragam sumber daya untuk dikaryakan yang bertujuan untuk mengembangkan strategi yang menerapkan sumber daya ini bagi pemasaran barang, jasa dan gagasan.
- Strategi pemasaran terdiri dari campuran unsur2 yang di namakan bauran pemasaran (marketing mix)
Markering mix(4p)
- Produk (product), merupakan apa yang dibeli pelangan untuk memuaskan keinginanya atau kebutuhan nya.
- Promosi(promotion),berhubungan dengan semua cara yang mendorong penjualan produk, termasuk periklanan ddan penjualan langsung.
- Tempat(place), berhubungan denga cara mendistribusikan produk seara fisik kepada pelanggan melalui saluran distribusi
- Harga(price) terdir dari semua elemen yang berhubungan dengan apa yang dibayar pelanggan utnuk produk tersebut.
Evolusi konsep system informasi pemasaran
- Menurut professor Philip kotler, 1966, untuk mengambarkan bahwa suatu unit baru di dalam pemasaran yang mengumpulkan dan mengolah informasi pemasaran diistilahkan pusat saraf pemasaran. Ia mengidentifikasi tiga jenis informasi pemasaran yaitu.
- Intelelijen pemasaran, di mana informsi akan mengalir dari lingkungan ke perusahaan.
- Informasi pemasaran intern, informs yang di kumpulkan di dalam perusahaan.
- Komunikasi pemasaran. Informasi yang mengalir keluar dari perusahaan ke lingkungan.
Model system informasi pemasaran.
Subsistem input
- System informasi akuntansi menggunakan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan
- Subsistem intelijen pemasaran mengumpulkan informasi dari ingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran
- Subsistem penelitian pemasaran, melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran.
Subsistem output
- Subsistem produk, meyediakan informasi tentang produk perusahaan.
- Subsistem tempat, meyediakan informasi tentang jaringan distribusi perusahaan
- Subsistem promosi meyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung
- Subsistem harga membantu kanajer membuat keputusan harga.
Subsistem bauran pemasaran atau bauran terintegrasi
- Usbsistem bauran terintegrasi digunakan oleh menajer untuk mengembangkan strategi yang mempertimbangkan dampak gabungan dari unsur2 bauran pemasaran.
- Contoh informasi yang disediakan oleh subsistem bauran terintegrasi adalah ramalan penjualan (sales forecast), yang mempertimbangkan interaksi seluruh unsur2 bauran itu.
Database
- Data yang di gunakan oleh subsistem output berasal dari database. Beberapa data dalam database adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyaknya yang berbagi dengan area fungsional lain.
- Tiap subsistem output terdiri dari program didalam koleksi perangkat lunak. Yang di gunakan oleh menajer utnuk mendapatkan informasi dalam bentuk laporan. Dll
System informasi akuntansi
- System informasi akuntansi sangat penting bagi system informs pemasaran, karena SIA meyediakan:
- Data untuk persiapan laporan periodic, misalnya analisis penjualan yaitu suatu penelitian tentang kegiatan penjualan perusahaan dalam hal produk apa yang terjual, pelanggan mana yang membeli dan wiraniaga mana yang menjualnya.
- Data untuk laporan khusus, misalnya laporan khusus tentang penjualan produk menurut daerah penjualan
- Data untuk meodel matematika dan system pakar,misalnya data untuk perubahan harga terhadap profit
Subsistem penelitian pemasaran
- Penelitian pemasaran digunakan oleh manajer pemasaran untuk mengumpulkan segala jenis informasi yang sebagian besar ditunjukan pada pelangan dan calon pelanggan
- Data penelitian pemasaran dapat berupa data primer data skunder. Data perimer diambil dengan cara wawancara, pengamatan maupun pengujian terkendali. Sedangkan data sekunder dari disket, pita magnetic yang bias dilakukan dengan cara membeli, dll.
Subsistem intelijen pemasaran
- Pemasaran memiliki tanggung jawab utama pada pelanggan dan pesaing. Pemasaran juga memiliki tanngung jawab kepada pemerintah dan komunikasi global.
- Subsistem intelijen pemasaran mengumpulkan data pesaing
- Intelijen pemasaran mengacu pada berbagai kegiatan etis yang dapat di guankan untuk mendapatkan informasi tentang pesaing.
Subsistem produk
- Peroduk merupakan unsure pertama dari bauran pemasaran yang menyediakan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu
- Subsistem produk akan menyediakan data bagi manajer, untuk mengembangkan strategi pemasaran dan kemudian mengintegrasikanya menjadi rencana pemasaran yang menyeluruh dan membuat keputusan dengan melihat siklus hidup produk(product life cycle) yang menelusuri penjualan suatu produk mulai dari perkenalan, perkembangan, dewasa dari penurunan seperti, gambar berikut.
Subsistem tempat
- Berbagai saluran distribusi yang digunakan perusahaan utnuk menyalurkan produknya kekonsumen merupakan unsure tempat dalam bauran pemasaran.
- Saluran distribusi dikelompokka menjadi saluran pendek dan saluran panjang.
- Saluran distribusi juga diguankan untuk saluran sumber daya yang ada dalam perusahaan, seperti gambar berikut.
Arus material, uang dan informasi melalui saluran distribusi
Subsistem promosi
- Sangat sulit untuk menerapkan computer pada area promosi, para wiraniaga membawa computer/ laptop saat mereka menjelajahi wilayahnya dan digunakan untuk:
- Menjadi informasi (query) pada database untuk menjawab pertayaan yang diajukan kosumen tentang produk yang ingin di beli, misalnya ketersediaan, harga, baiya pengiriman. Dll
- Memasukkan data pesanan penjualan ke dalam system entry pesanan
- Meyerahkan laporan kunjungan yang mengikhtisarkan tiap kunjungan penjualan, memeriksa siapa yang dihubungia, apa yang di bahas, apa tujuan penjualkan selanjtunya, dll
Subsistem harga
Subsistem harga diguankan untuk mengembil keputusan tantang penentuan harga, yang meliputi:
- Penentuan harga berdasarkan biaya(cost-based pricing), dengan mentukan biaya-biaya mereka dan menembahkan mark-up yang diinginkan.
- Penetuan harga berdasarkan permintaan( demand based pricing), yang ditempatkan oleh konsumen terhadap produk
Subsistem bauran terintegrasi
- Subsistem bauran terintegrasi (integrated mix subsystem) mendukung manajer saat unsure-unsur bauran pemasaran dikombinasikan untuk membentuk strategi tertentu.
- Model subsistem bauran terintegrasi yang banyak dipublikasikan adalah BRANDAID, yang mencakup beberapa submodel utnutuk periklanan, promosi, harga penjaualn perorangan dan distribusi eceran.
- Model subistem bauran terintegrsi seperti BRANDAID di gunakan tidak hanya manjer pemasaran, tetapi juga di gunakan oleh manjer2 yang lain.
Model bauran terintegrasi BRANDAID
Keterangan gambar
- Tanda panah penuh mengambarkan berbagai pengaruh yang mengalir dari perusahaan manufaktur, pengecer, pesaing danlingkungan bisnis
Tand panah perputus-putus menunjukkan tanggapan terhadap berbagai pengaruh tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar