BAB VI
ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN
Tujuan Praktikum
Memahami apa yang menjadi langkah-langkah yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan.
Mengetahui seberapa besar metode yang telah ditetapkan dapat mendukung majunya perusahaan.
Mengetahui cara menguasai pasar bagi perusahaan.
Pengertian Strategi Perusahaan
Strategi perusahaan adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan mengungkapkan sasaran, maksud, atau tujuan yang mengharuskan kebijaksanaan utama dan merencanakan tujuan-tujuan ini, serta memperinci jangkauan bisnis. Yang akan dikejar oleh perusahaan merupakan jenis organisasi ekonomi dan kemanusiaan yang diinginkan atau diharapkan.
Untuk menentukan tujuan, sasaran, dan strategi-strategi yang akan diambil, diperlukan suatu analisa mendalam serta menyeluruh mengenai lingkungan dimana perusahaan berada. Lingkungan tersebut dibagi menjadi dua, yaitu :
Lingkungan eksternal (lingkungan luar perusahaan)
Lingkungan internal (lingkungan dalam perusahaan)
Dalam melakukan analisa eksternal, perusahaan menggali dan mengidentifikasikan semua opportunity (peluang) yang berkembang dan menjadi trend pada saat itu serta threat (ancaman) dari para pesaing dan calon pesaing sedangkan analisa eksternal memfokuskan pada identifikasi strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) dari perusahaan dengan melakukan kedua analisa tersebut maka perusahaan dikenal dengan melakukan analisa SWOT.
Jenis-jenis strategi yaitu :
Strategi pertumbuhan rendah, terdiri dari :
Tidak ada perubahan
Mundur
Fokus pada kesempatan terbatas
Strategi pertumbuhan paksa
Penguasaan pesaing-pesaing
Integrasi vertikal
Perluasan geografis
Penggolongan
Kriteria Untuk Evaluasi Strategi
Bagaimana menilai strategi yang sebenarnya atau yang diisukan? Bagaimana kita akan tahu bahwa strategi yang satu lebih baik daripada yang lain? Sejumlah pertanyaan penting dapat diajukan berulang kali. Sebagaimana sudah nyata, tidak ada indikator-indikator yang sempurna. Dalam praktek pertanyaan-pertanyaan ini dapat menuju diskriminasi secara naluriah yang dapat dicari.
Dapatkah strategi ini dikenal dan apakah ini dinyatakan dengan jelas dalam kata-kata atau dalam praktek.
Apakah strategi memanfaatkan sepenuhnya kesempatan lingkungan domestik dan internasional.
Adakah strategi dengan azas kemampuan sumber-sumber perusahaan yang ada yang dipromosikan.
Apakah perlengkapan utama strategi dan program kebijaksanaan utama yang menjadi azasnya dengan azas kedalam.
Apakah tingkat resiko yang dipilih dapat diterima dari segi ekonomi dan pribadi.
Apakah strategi tepat untuk nilai-nilai pribadi dan cita-cita manajer utama.
Apakah strategi sesuai dengan tingkat kontribusi yang diinginkan masyarakat.
Ada 2 faktor yang membuat analisa lingkungan menjadi suatu analisa penting dalam manajemen strategi dan harus selalu dilakukan oleh manajer puncak, yaitu :
Bahwa organisasi atau perusahaan tidak berdiri tetapi berinteraksi dengan bagian-bagian dari lingkungan.
Pengaruh lingkungan yang sangat rumit dan kompleks dapat mempengaruhi kinerja banyak bagian yang berada dari sebuah perusahaan.
Analisa Data
Tabel 6.1. Analisis Strategi Perusahaan (SWOT)
Evaluasi SWOT | Identifikasi |
Strengths ( Kekuatan ) | Pemasarannya mencakup segala jenis penjual mulai dari penjual kecil sampai besar. Konsumen mencakup semua kalangan mulai dari kalangan menengah kebawah sampai menengah keatas. Modal besar, jadi perusahaan dapat menghasilkan produk dalam jumlah yang besar. Produktifitas karyawan tinggi, sehingga produk bervariasi dan selalu up to date Lokasi perusahaan dekat dengan pasar sehingga mudah untuk memasarkan produk |
Weakness ( Kelemahan ) | Harga bahan baku tinggi sehingga mengakibatkan naiknya biaya produk. Lokasi perusahaan jauh dengan sumber bahan baku jadi dibutuhkan ongkos transportasi yang cukup tinggi. Target yang dibuat perusahaan membuat karyawan selalu kerja lembur untuk mencapai target yang telah ditentukan. |
Opportunities ( Peluang ) | Produk ini dapat dijual dimana saja dengan berbagai macam konsumen mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan pria maupun wanita. Produk di ekspor ke luar negeri Perusahaan berusaha untuk mendapatkan sertifikat ISO. |
Threats ( Ancaman ) | Banyak perusahaan pesaing yang menghasilkan produk yang sama. Mode tas banyak ditiru oleh home |
Sumber : hasil pengolahan data
Tabel 6.2. Analisis Rekayasa Perusahaan
Evaluasi rekayasa | Strategi perusahaan |
Re-Organisasi | Diharapkan dengan adanya re-organisasi baru perusahaan bisa lebih maju dan lebih baik dalam segala hal mulai dari : cara kerja karyawan (sistem kerja), produksi, penjualan, maupun pemasarannya. Mengadakan pertemuan rutin untuk membahas kemajuan perusahaan. Menerapkan sistem the right man in the right place |
Re-Strukturisasi | Dengan adanya perubahan organisasi yang berdampak pada struktur perubahan kerja akan menyebabkan perubahan metode dalam upaya peningkatan profit perusahaan. Penambahan divisi-divisi untuk pemasaaran ekspor Adanya kenaikan jabatan untuk karyawan-karyawan yang berprestasi |
Re-Definisi | Produktivitas tinggi Margin profit tinggi Penjualan tinggi Karena perusahaan tas kuliah ini telah merambat ke pasar internasional maka perusahaan harus memiliki sertifikat ISO agar produk diakui dimata dunia |
Kesimpulan
Dengan adanya analisa strategi pada perusahaan, maka diharapkan perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lain dengan memperhatikan beberapa faktor yang menjadi pendorong maupun penghambat bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Dengan adanya analisis rekayasa perusahaan, maka dapat kita ambil tujuan utama perusahaan yaitu meningkatnya profitabilitas dan meningkatnya produktivitas dalam perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar