Marketing / pemasaran
Tujuan.
- Memperkenalkan pentingnya aspek pemsaran dalam rangkain industry
- Melatih mehasiswa untuk dapat melakuka peramalan pemasaran produk berdasarkan kombinasi data historis dan rencana proses produksi yang telah di susun
- Memperkenalkan pentingnya factor segmentasi pasar dalam perencanaan produk kekonsumen
Landasan teori
2. Langkah pemasaran
- Definisikan sasaran pasar(target market) dar suatu rancangan atau jenis produk.
- Lakukan riset pasar terhadap konsumen tentang keinginan , kebutuhan preferensi terhadap suatu produk serta perilaku konsumen lainnya.
- Lakukan riset tentang stategi, cara pemasaran sertaproduk yang dilakukan oleh competitor.
- Lakukan uji coba produk terhadap sasaran utuk melihat respon konsumen,
- Jual produk baru melalui saluran distribusi penjualan yang ada disertai dengan pelayanan konsumen yang baik.
- Segmentasi pasar
Adalah tindakan membagi-bagi pasar menjadi sub tatanan langganan yang jelas, pembagian bersifatrt heterogen kedalam suatu pasar yang homogen yang dapat memanfaatkan usaha dan perencanaan yang terpisah. Macam-macam segmentasi pasar adalah sebagai berikut.
- Segmentasi geografis
- Segmentasi demografis
- Segmentasipsychografis
- Segmentasi behavioral
- Segmentasi individualized
- Media pasar
- Media audiovisual
- Media cetak
- Media order
- Media audiovisual
- Pangsa pasar
Merupakan salah satu factor yang mempengaruhi struktr pasar. Yang menggambarkan tingkat intensitas persaingan antar perusahaan dan juga mengisyarakatkan tentang kemungkinan laba potensial yang dapat diraih,
- Teknik penganbilan keputusan
Keputusan yang diambil untuk menentukan wilayah pemasaran jenis promosi , segmentasi pasar, dan sebagainya tidak terlepas dari sifat pengambilan keputusan berdasarkan riset pasar yang telah dilakukan. Beberapa pengambilan keputusan dapat dirinsi berdasarkan situasi sebelum keputusan laba perusahaan.
- Kondisi deterministic
- Kondisi probabilistik
- Kondisi deterministic
Tidak ada komentar:
Posting Komentar