selamat datang di blog saya

semoga isi blog ini bermanfaat buat anda...

Cari Blog Ini

Senin, 10 Mei 2010

Marketing / pemasaran

Marketing / pemasaran

Tujuan.

  1. Memperkenalkan pentingnya aspek pemsaran dalam rangkain industry
  2. Melatih mehasiswa untuk dapat melakuka peramalan pemasaran produk berdasarkan kombinasi data historis dan rencana proses produksi yang telah di susun
  3. Memperkenalkan pentingnya factor segmentasi pasar dalam perencanaan produk kekonsumen

Landasan teori

2. Langkah pemasaran

  1. Definisikan sasaran pasar(target market) dar suatu rancangan atau jenis produk.
  2. Lakukan riset pasar terhadap konsumen tentang keinginan , kebutuhan preferensi terhadap suatu produk serta perilaku konsumen lainnya.
  3. Lakukan riset tentang stategi, cara pemasaran sertaproduk yang dilakukan oleh competitor.
  4. Lakukan uji coba produk terhadap sasaran utuk melihat respon konsumen,
  5. Jual produk baru melalui saluran distribusi penjualan yang ada disertai dengan pelayanan konsumen yang baik.


     

  6. Segmentasi pasar

Adalah tindakan membagi-bagi pasar menjadi sub tatanan langganan yang jelas, pembagian bersifatrt heterogen kedalam suatu pasar yang homogen yang dapat memanfaatkan usaha dan perencanaan yang terpisah. Macam-macam segmentasi pasar adalah sebagai berikut.

  1. Segmentasi geografis
  2. Segmentasi demografis
  3. Segmentasipsychografis
  4. Segmentasi behavioral
  5. Segmentasi individualized


     

  1. Media pasar
    1. Media audiovisual
    2. Media cetak
    3. Media order
  2. Pangsa pasar

    Merupakan salah satu factor yang mempengaruhi struktr pasar. Yang menggambarkan tingkat intensitas persaingan antar perusahaan dan juga mengisyarakatkan tentang kemungkinan laba potensial yang dapat diraih,

  3. Teknik penganbilan keputusan

    Keputusan yang diambil untuk menentukan wilayah pemasaran jenis promosi , segmentasi pasar, dan sebagainya tidak terlepas dari sifat pengambilan keputusan berdasarkan riset pasar yang telah dilakukan. Beberapa pengambilan keputusan dapat dirinsi berdasarkan situasi sebelum keputusan laba perusahaan.

    1. Kondisi deterministic
    2. Kondisi probabilistik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar